Home
 
100_4981
100_5012
100_5019
mozaikgereja
pantiimam2017

Seri: 01

 

E K A R I S T I

 

Sumber dan Puncak Iman Kristiani

 

 

Lakukanlah ini untuk Mengenangkan Daku

 

Gereja Katolik selama berabad-abad, mengaktualisasikan (membuat hidup) pesan Yesus “Lakukanlah ini untuk Mengenangkan Daku” dalam empat tindakan dasar Ekaristis: BERKUMPUL, MENDENGARKAN, BERSYUKUR, dan DIUTUS. Gereja mengungkapkan jiwa tindakan Ekaristis ini dalam susunan baku Perayaan Ekaristi: RITUS PEMBUKA, LITURGI SABDA, LITURGI EKARISTI, dan RITUS PENUTUP.

 

1. RITUS PEMBUKA = TINDAKAN BERKUMPUL

Setiap pribadi beriman datang berkumpul sebagai anggota satu keluarga Allah merayakan pesan Yesus, berterima kasih kepada Allah, menunjukan sikap batin cinta kita kepada Allah, sebab Allah sendiri telah mencintai kita terlebih dahulu.

 

Pada saat pembaptisan, imam sambil menuangkan air suci di dahi dan ia mengucapkan nama Allah Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Tindakan dan pengucapan imam ini, tanda diri kita dimasukan ke dalam atau diangkat menjadi anak- anak Allah, dan sekaligus diterima menjadi anggota-anggota Gereja.

 

Maka setiap kali berkumpul dalam Perayaan Ekaristi, kita pun memperlihatkan identitas diri sebagai anggota satu keluarga Allah dalam mendengarkan dan menanggapi Sabda Allah bersama, bersyukur dan berbagi makanan dan minuman rohani bersama: Tubuh dan Darah Yesus Kristus.

 

 

 

Bersambung ke WM edisi 14-08-2016

 

Pst. Tinus Sirken, OSC.