Home
 
100_4981
100_5012
100_5019
mozaikgereja
pantiimam2017

 

Seri: 09


Mendengarkan Allah Berbicara Dari Meja Sabda

 

 

 

Bacaan ini biasanya diambil dari salah satu surat-surat Rasul Paulus atau rasul lain. Bacaan kedua mengisahkan cinta Allah untuk kita dan tuntutan menjadi seorang Kristiani. Biasanya, tidak ada bacaan kedua pada hari-hari kerja (Senin-Sabtu), kecuali pada Hari Minggu, Hari Pesta atau Hari Raya seturut Penanggalan Liturgi. Selama pembacaan, partisipasi aktif kita bersama ialah duduk dan mendengarkan secara saksama pesan istimewa Allah untuk kita.

Sebab, melalui diri lektor (pembaca), Allah sedang berbicara kepada kita umat-Nya. Allah menyatakan diri secara nyata melalui vokal suara dan gerak-gerik liturgis yang diekpresikan oleh sang lektor yang sungguh mengisyaratkan kehadiran aktual Allah. Semua umat beriman memberi diri untuk mendengarkan dan menyimak sabda Allah dengan telinga hatinya. Pada akhir bacaan lektor mengatakan, ‘Demikianlah Sabda Tuhan’ dan kita menjawab, ‘Syukur kepada Allah’.
Jadi, Perjanjian Lama adalah bagian pertama dari pembacaan Kitab Suci. Mengisahkan tentang Allah dan umat-Nya bangsa Israel yang hidup sebelum Yesus dilahirkan. Sedangkan Perjanjian Baru adalah bagian kedua dari pembacaan Kitab Suci. Berfokus pada hidup Yesus, kisah mengenai iman Gereja Perdana dalam surat-surat: Rasul Paulus, Yakobus, Petrus, Yohanes, Yudas, dan Kitab Wahyu.
Bersambung ... ... ... P. Faustinus Sirken, OSC