Home
 
100_4981
100_5012
100_5019
mozaikgereja
pantiimam2017

 

Seri: 24


AKLAMASI KUDUS

 

 

 

Pada akhir prefasi, imam mengatupkan tangan, mengajak seluruh umat beriman yang hadir sekarang dan semua yang hidup di bumi ini bersatu dengan para malaikat dan semua orang kudus di surga, bersama-sama memuji dan memuliakan Allah dengan sehati dan sesuara menyanyikan sanctus – kudus [PUMR 79]: Kudus, kudus, kuduslah Tuhan, Allah segala kuasa. Surga dan bumi penuh kemuliaan-Mu. Terpujilah Engkau di surga. Diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan. Terpujilah Engkau di surga.
Aklamasi Sanctus – Kudus adalah aklamasi seluruh umat atas karya penciptaan Allah dan penyelamatan Allah melalui kurban diri Yesus Kristus Putera-Nya menguduskan manusia dari noda dosa, yang telah dikisahkan dalam rumusan prefasi. Karena perbuatan Allah yang agung, mulia dan dahsyat inilah maka seluruh umat beriman di bumi bersatu dengan seluruh kekuatan surgawi, menyanyikan sanctus demi kemuliaan Allah. Aklamasi Kudus ini merupakan salah satu unsur pokok pembentuk Doa Syukur Agung. Karena merupakan seruan umat maka semestinya dinyanyikan oleh seluruh umat bersama dengan imam (selebran utama) dan paduan suara. Sesudah menyanyikan Aklamasi Kudus, Doa Syukur Agung diteruskan oleh imam selebran utama dan para imam konselebran seturut petunjuk atau rubrik dalam setiap Doa Syukur Agung.
Sebaliknya, bila tidak ada petunjuk khusus, maka hanya imam (selebran utama) saja yang melakukan gerak-gerik dan kata yang disarankan dalam Doa Syukur Agung [PUMR 217].

 

 
Bersambung ... Pst. Tinus Sirken, O.S.C..