Home
 
100_4981
100_5012
100_5019
mozaikgereja
pantiimam2017

Seri 3

LINGKARAN TAHUNAN

 Calendar Liturgical

 

Gereja memiliki caranya sendiri untuk mengatur tahun, dengan nama istimewa “Tahun Liturgi.” Tahun Liturgi mempunyai dua aspek, yaitu Masa Liturgi dan Penanggalan Orang Kudus.
Sepanjang Tahun Liturgi ini, Gereja merenungkan atau merefleksikan keseluruhan hidup Yesus dan maknanya bagi Gereja. Mulai sejak kelahiran Yesus sampai kepada kenaikan-Nya dan pengutusan Roh Kudus pada hari Pentekosta. Maka dalam lingkaran tahunan ini, setiap anggota Gereja dapat melihat ke depan kepada kedatangan Kristus pada akhir zaman yang membawa kepenuhan lingkaran tahun liturgi.
Masa Liturgi meliputi keseluruhan tahun yang terbagi ke dalam tiga masa: (1) Masa Adven dan Masa Natal: adalah saat kita mengenangkan kelahiran Yesus dan kita mengharapkan kedatangan-Nya lagi; (2) Masa Prapaskah dan Tridum Paskah: adalah saat kita mengenangkan penderitaan, kematian dan kebangkitan penyelamatan Yesus Kristus; dan (3) Masa Biasa: adalah saat kita mengenangkan hidup Yesus melalui seluruh perbuatan-Nya dan pengajaran-Nya. Lingkaran Masa Adven-Natal dan lingkaran Masa Prapaskah- Tridum Paskah terfokus pada peristiwa-peristiwa atau tindakantindakan Yesus Kristus sebagai inti atau pangkal lintkaran tahunan.
Lingkaran Adve-Natal terfokus pada Kelahiran Yesus pada tanggal 25 Desember. Dalam lingkaran Prapaskah-Tridum Paskah terfokus pada perayaan Tridum dan Malam Paskah secara khusus. Dasar atau pangkal lingkaran tahunan adalah persiapan yang mengarahkan kepada pusat peristiwa, seperti Adven sebagai persiapan untuk Natal dan Prapaskah persiapan untuk Tridum Paskah. Segenap umat dapat berpartisipasi dalam pusat peristiwa Yesus melalui tindakan liturgi permenungan dan perayaan. Masa Natal mengikuti hari Natal, sedangkan Masa Paskah sebagai kelimpahan atau keluapan dari kegembiraan Minggu Paskah.
Meskipun masa liturgi dapat memiliki suatu permulaan dan akhir yang jelas tapi di sana terdapat juga unsur-unsur yang dapat dicocokan. Pada hari-hari Minggu dalam bulan November tema dari bacaan-bacaan Kitab Suci sudah memperkenalkan kepada umat beriman tema-tema Adven yang berfokus pada peristiwa kelahiran Tuhan. Kemudian, peristiwa Pembaptisan Tuhan sebagai akhir dari Masa Natal, yang juga menandakan permulaan dari Masa Biasa, dan seterusnya 40 hari setelah Natal sebagai penyerahan atau persembahan Tuhan (2 Februari), akhir dari Masa Natal.

Bersambung ... P. Tinus Sirken, O.S.C..