Home
 
100_4981
100_5012
100_5019
mozaikgereja
pantiimam2017

Bacaan 1: Neh. 8:3-5a,6-7,9-11. Bacaan 2; 1Kor. 12:12-30 Bacaan Injil : Luk. 1:1-4; 4:14-21.

PEDOMAN HIDUP

 

Hidup di dunia fana tidak lama, namun penuh godaan dan penyesatan, bahkan Kitab Sucipun bisa disalahgunakan untuk menjerumuskan; karena itu diperlukan pedoman dan teladan agar selamat sampai tujuan, harus ada penafsiran yang benar! Sejak jaman Perjanjian Lamapun telah disadari bahwa Kitab Suci harus dijelaskan oleh ahlinya. Ezra, ahli kitab itu, berdiri di atas mimbar kayu yang dibuat untuk peristiwa itu. Lalu Ezra memuji TUHAN, Allah yang maha besar, dan semua orang menyambut dengan: "Amin, amin!", sambil mengangkat tangan. Bagian-bagian dari pada kitab itu, yakni Taurat Allah, dibacakan dengan jelas, dengan diberi keterangan-keterangan, sehingga pembacaan dimengerti. (Neh 8:5,7,9).


Tiap insan diciptakan unik dengan kurnia talenta masing-masing dan sangat dikasihi Allah! Kalau kebaikan dan kemahakuasaan Allah ini dihayati, tentu orang bisa menerima dan menjalani hidupnya dengan penuh syukur; sebaliknya kalau dipandang secara picik dari sisi negatif, kedaulatan Allah ini justru bisa menyulut iri hati dan kebencian: mengapa dia diberi banyak kebaikan sedangkan saya hanya dapat yang buruk? Santo Paulus menjelaskan analogi tubuh yang terdiri dari banyak anggota dengan masing-masing peran dalam harmoni satu tujuan yaitu demi Kemuliaan Allah. Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh. (1Kor 12:12-13).


Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman. (Mzm19:8). Pengajaran yang diberikan sudah cukup jelas, namun Allah masih berkenan mengutus AnakNya untuk memberi teladan hidup sederhana dan penuh kasih agar kita semakin dikuatkan! "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang." Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya. (Luk 4:18,19,21).
Tuhan sudah memberi teladan; giliran kita untuk mengikutiNya sesuai iman masing-masing…