Home
 
100_4981
100_5012
100_5019
mozaikgereja
pantiimam2017

 

Bacaan 1 : Yer 1:4-5,17-19;Bacaan II: 1Kor12:31-13:13Bacaan Injil :Luk. 4:21-30

 

JANGAN TAKUT

 

 

Tuhan berjanji senantiasa menyertai muridnya, namun Dia juga menuntut sang murid untuk mempersiapkan diri dan berani bertindak melakukan kehendakNya! Tetapi engkau ini, baiklah engkau bersiap, bangkitlah dan sampaikanlah kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadamu. Janganlah gentar terhadap mereka, supaya jangan Aku menggentarkan engkau di depan mereka! Mereka akan memerangi engkau, tetapi tidak akan mengalahkan engkau, sebab Aku menyertai engkau untuk melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN." (Yer1:17,19).

Tuhan melimpahkan berkatNya bagi orang yang mau berbagi dengan sesama yang membutuhkan, bukan anak manja & egois yang minta berkat hanya bagi dirinya sendiri! Hal ini disampaikan dengan tegas oleh Yesus: “Pada zaman Elia terdapat banyak perempuan janda di Israel ketika langit tertutup selama tiga tahun dan enam bulan dan ketika bahaya kelaparan yang hebat menimpa seluruh negeri. Tetapi Elia diutus bukan kepada salah seorang dari mereka, melainkan kepada seorang perempuan janda di Sarfat, di tanah Sidon. Dan pada zaman nabi Elisa banyak orang kusta di Israel dan tidak ada seorang pun dari mereka yang ditahirkan, selain dari pada Naaman, orang Siria itu." Mendengar itu sangat marahlah semua orang yang di rumah ibadat itu. (Luk4:25-28).

Allah mengajar kita untuk selalu bersyukur dan melayani sesama yang membutuhkan; St Paulus menandaskan untuk melakukan semuanya itu dengan dasar kasih, karena tanpa landasan kasih, perbuatan baik dan pengorbanan sebesar apapun tidak punya nilai surgawi.Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap. Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna. Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih. (1Kor13:4-9,13).

Marilah kita lawan kekuatiran dan ketakutan yang menjadi penghambat terbesar dalam hidup ini, agar lebih leluasa mengasihi Tuhan dan sesama..