Home
 
100_4981
100_5012
100_5019
mozaikgereja
pantiimam2017

Bacaan 1:Kis.13:14,43-52 Bacaan 2 : Why.7:9,14b-17 Bacaan Injil :Yoh.10:27-30

Kristus Menjamin Keselamatan Kita

 

Pada Minggu Panggilan ini Gereja menyuguhkan bacaan-bacaan kitab suci yang sangat meneguhkan iman kita.

 

Pertama, tentang pengalaman Paulus berkhotbah di Antiokhia dekat perbatasan Pisidia, salah satu wilayah di provinsi Galatia (Kis.13:14,43-52). Antiokhia adalah kota tujuan para perantau dan Paulus seorang tokoh yang amat terkenal.

Dalam khotbahnya, Paulus dan Barnabas menekankan bahwa Firman Allah pun dinyatakan kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah agar mereka mendapatkan hidup yang kekal (Kis.13:47). Pernyataan itu jelas membuat masyarakat non-Yahudi, yang oleh Lukas disebut 'orang-orang yang takut akan Allah' itu menjadi amat gembira.

 

Kedua, bacaan Injil. Meski amat singkat, namun Yohanes mampu menunjukkan pesan keharmonisan relasi antara domba dan gembala. Sang gembala mengasihi dan mengenal domba-domba, sehingga domba-domba mau mendengarkan serta mengikuti sang gembala tanpa rasa canggung.  

"Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikuti Aku, dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku." (Yoh.10:27-28)

 

Mereka yang benar-benar domba Kristus akan senantiasa menaati suara-Nya dan mengikuti Dia. Mereka pun senantiasa bersekutu dengan gembala.

Tak hanya itu, sang gembala pun memberikan janji indah keselamatan kekal bagi semua domba Kristus, termasuk bagi mereka yang palinglemah. Ada janji jaminan keamanan dan keselamatan bagi domba yang paling lemah yang mengikuti dan mendengarkan gembala yang baik. Dalam Roma 8:35-39 digambarkan bahwa tidak akan ada yang dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Janji indah tentang keamanan dan keselamatan kekal itu jelas amat logis. Karena yang memberikan janji adalah sosok paling berkompeten dan berhak, yakni Dia yang juga adalah Bapa.

"Aku dan Bapa adalah satu." (Yoh.10:29-30)  

 

 

(Gambar ilustrasi diambil dari https://cryingoutforjustice.com)