Home
 
100_4981
100_5012
100_5019
mozaikgereja
pantiimam2017

 

Bacaan 1: Mal 4:1-2a Bacaan 2: 2 Tes 3:7-12 Bacaan Injil : Luk 21:5-19

TEGUH BERTAHAN

 

 

Bacaan hari minggu ini berbicara tentang "Hari Tuhan/Hari Kiamat". Injil berbicara tentang 3 hal, yaitu 1) Ramalan runtuhnya Bait Allah (ayat 5-6); 2) Tanda-tanda alam, yang mendahului Hari Kiamat (ayat 7-11); 3) Penangkapan dan penganiayaan pengikut Kristus (ayat 12-19).
Ramalan terbukti ketika tahun 70 Panglima Titus dari Roma dan pasukannya menghancurkan kota Yerusalem dan Bait Allah. Makna bacaan hari ini ?
1. Kekristenan tidak bergantung kepada gedung gereja, tapi kepada keimanan atau religiositas penganutnya. Bait Allah yang megah bisa hancur. Gedung Gereja bisa roboh. Namun jika keimanan kita kokoh, maka gereja tetap berdiri. Sesuai sabda Yesus : " ..di atas batu karang ini Aku mendirikan gerejaKu!" (Mat 16:18). Batu karang adalah simbol kekokohan iman pengikut Kristus !
2. Tanda alam bisa merupakan signal datangnya KIAMAT dan kiamat-kiamat kecil. Kebakaran di Sumatra dan Kalimantan serta banjir bandang dan tanah longsor di Jawa merupakan contoh kiamat-kiamat kecil, yg ditimbulkan oleh kerusakan ekologis akibat ulah manusia. Paus Fransiskus dalam Ensikliknya "Laudato Si" mengajak kita untuk merawat bumi sebagai "Rumah kita bersama".
3. Salib tidak bisa dipisahkan dari kekristenan karena "per crucem vincemus" - melalui Salib kita menang. Salib bermakna penderitaan. Dan penderitaan bisa berupa : salah paham, penolakan, pengusiran, penangkapan, penganiayaan bahkan pembunuhan karena iman. Namun tidak usah kuatir. Tuhan menjamin hidup kita. "tidak sehelai rambut kepalamu akan hilang" (Lk 21:18). Iman boleh goyah, tapi tidak bisa lenyap! Tuhan meminta kita untuk teguh bertahan. Dan bagi yg teguh bertahan, bacaan I memberi garansi bahwa "kamu yg takut akan NamaKu, bagimu akan terbit SURYA KEBENARAN" (Mal 4:2a). Semoga kita tergolong dalam mereka yang "teguh bertahan " !