Home
 
100_4981
100_5012
100_5019
mozaikgereja
pantiimam2017

Bacaan 1 : Yes 8:23b-9:3; Bacaan 2 :1Kor 1:10-13,17 Injil : Mat 4:12-23
Telah terbit Terang !

 

Ketika Yohanes ditangkap, Yesus ke Galilea, meninggalkan Nazaret dan diam di Kapernaum, di tepi danau, di daerah Zebulon dan Naftali, supaya genaplah nubuat nabi Yesaya : “Tanah Zebulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangsa lain, bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit Terang." (Mat 4:12-16, Yes 8:23-9:1). Bangsa-bangsa yang diam di wilayah kegelapan kini telah melihat terang dan terang itu adalah Yesus sendiri yang tinggal diantara mereka. Sejak itu Yesus memberitakan “Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!” (Mat 4:17) Seruan Yesus ini untuk membuka pikiran dan hati orang, karena yang ditawarkan adalah “Kerajaan Sorga”, yakni terang Allah yang menyinari manusia dalam diri Yesus melalui karya pemberitaan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan diantara bangsa itu (bdk Mat 4:23).


Injil hari ini mengisahkan Yesus memilih murid-murid pertama Nya sebagai rekan sekerja. Simon Petrus dan Andreas dipanggil ketika tengah menangani pekerjaan mereka menjala ikan, mereka segera meninggalkan jala untuk mengikuti Yesus. Demikian pula Yakobus dan Yohanes meninggalkan perahu serta ayah mereka. Orang-orang ini telah melihat sinar wajah Tuhan yang memandangi mereka dan tidak ingin kehilangan lagi. Mereka dipanggil untuk dijadikan penjala manusia (Mat 4:19), memegang manusia untuk membawanya ke kehidupan. Tanggung jawab rasuli bukan menangkap manusia, tetapi mendukung, menuntun, memelihara, menguatkan agar manusia dapat hidup dan menemukan jalan menuju Kerajaan Sorga yang diwartakan Yesus, mengelola terang bagi manusia.
Semoga kita semakin memahami misi Yesus Sang Terang dalam hidup kita, membawa keluarga, masyarakat dan orang-orang yang kita jumpai untuk menemukan jalan menuju Kerajaan Sorga melalui pengenalan akan Dia. Amien (IS)