Home
 
100_4981
100_5012
100_5019
mozaikgereja
pantiimam2017

Bacaan 1 :  Zef 2:3,3:12-13 Bacaan 2 : 1Kor 1:26-31 Injil : Mat 5:1-12a

Empunya Kerajaan Sorga !

 

Ketika ditanya, siapakah pemilik atau empunya Kerajaan Sorga? Dengan tegas akan dijawab “Allah Bapa !” Tetapi Yesus hari ini mengajarkan dalam Sabda Bahagia .. “Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.” (Mat 5:3).  Kalau begitu apakah orang yang kaya tidak bisa menjadi empunya Kerajaan Surga ?
Orang yang miskin pada umumnya punya ciri-ciri : sederhana, rendah hati, bergantung pada kebaikan orang lain dan sering juga dianggap bodoh, lemah, tidak terpandang, hina dll  Dalam Injil hari ini Yesus tidak mempersoalkan orang miskin duniawi, tetapi orang yang miskin di hadapan Allah. Orang yang punya sikap sederhana, rendah hati, tidak merasa pandai, lemah dan hidupnya menggantungkan diri pada kebaikan dan kasih Allah. Orang yang punya sifat demikianlah akan jadi empunya Kerajaan Allah,  bukan setelah ia mati, tetapi saat hidup karena hidupnya damai dan menjalaninya sesuai dengan ajaran kasih Nya. Seperti yang telah dikatakan oleh Nabi Zefanya : carilah Tuhan dan lakukanlah hukum-Nya, carilah  keadilan, kerendahan hati dan perlindungan Tuhan (bdk Zef 2:3, 12)
Paulus juga menegaskan kepada jemaatnya di Korintus bahwa apa yang bodoh, lemah, tidak terpandang, hina tidak berarti bagi dunia, telah dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang merasa lebih pandai, kuat, berarti, supaya jangan ada seorang manusia pun yang memegahkan diri dihadapan Allah. (bdk 1Kor 26-29).  Semoga dalam kehidupan keseharian kita ditengah masyarakat, kitapun bisa berlaku tidak sombong dan merasa hebat sehingga menganggap rendah orang lain seperti orang kaya, melainkan hidup sederhana, lemah lembut, murah dan suci hati, pembawa damai dan tetap berbahagia walau dicela dan dianiaya karena mengikuti Tuhan. Yesus mengatakan “Bersukacitalah dan bergembiralah karena upahmu besar di sorga” (bdk Mat 5:1-12)