Home
 
100_4981
100_5012
100_5019
mozaikgereja
pantiimam2017

Bacaan 1 : Yes. 58:7-10; Bacaan 2 : 1Kor. 2:1-5.Injil : Mat. 5:13-16.

KEILAHIAN MANUSIA

 

Kelebihan manusia dari mahluk lainnya adalah akal budi yang mampu mengarahkan tujuan hidup pada penciptaNYA! Kalau sekedar untuk makan dan memuaskan hawa nafsu apakah bedanya dengan mahluk yang lain? Tuhan Yesus menjelaskan hakekat itu: "Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang. Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga." (Mat5:13-14,16).

Namun keilahian manusia terhalang oleh hawa nafsunya, maka Santo Pauluspun mengingatkan agar kita tidak mengandalkan kekuatan sendiri. Baik perkataanku maupun pemberitaanku tidak kusampaikan dengan kata-kata hikmat yang meyakinkan, tetapi dengan keyakinan akan kekuatan Roh, supaya iman kamu jangan bergantung pada hikmat manusia, tetapi pada kekuatan Allah. (1Kor2: 4-5).

Oleh karena itu manusia harus berusaha menyangkal diri atau menahan diri dari hawa nafsunya sambil melakukan perbuatan kasih kepada sesama yang membutuhkan; dengan demikian keilahian itu bisa memancar sesuai kehendak Sang Pencipta. Supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa kerumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang, supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri! Pada waktu itulah terangmu akan merekah seperti fajar dan lukamu akan pulih dengan segera; kebenaran menjadi barisan depanmu dan kemuliaan TUHAN barisan belakangmu. Pada waktu itulah engkau akan memanggil dan TUHAN akan menjawab, engkau akan berteriak minta tolong dan Ia akan berkata: Ini Aku! Apabila engkau tidak lagi mengenakan kuk kepada sesamamu dan tidak lagi menunjuk-nunjuk orang dengan jari dan memfitnah, apabila engkau menyerahkan kepada orang lapar apa yang kauinginkan sendiri dan memuaskan hati orang yang tertindas maka terangmu akan terbit dalam gelap dan kegelapanmu akan seperti rembang tengah hari (Yes58:7-10).