Home
 
100_4981
100_5012
100_5019
mozaikgereja
pantiimam2017

 

WARTA MONIKA 24 April 2016

 

1.     BAPTIS BAYI BULAN MEI2016. Akan diadakan baptisan bayi pada hari Sabtu, 21 Mei, pukul.09.00, pembekalan dan katekeseorang tua bayi  akan diadakan pada hari Rabu, 18 Mei , pukul : 19.30 di aula Santo Benediktus. Formulir Pendaftaran dapat diambil di Sekretariat pada jam kerja.

 

2.     JADWAL MISA JUMAT PERTAMA.Pada hari Jumat, 06 Mei, pukul 19.30 di Gereja. Parkir di sekolah Santa Ursula.

 

3.     DIBUKA PENDAFTARAN KPP [ Kursus Persiapan Perkawinan].Kursus akan diadakan pada tanggal 11-12 Juni di Aula Gereja Santo Ambrosius – Villa Melati Mas. Formulir pendaftaran dapat diambil di Sekretariat paroki pada jam kerja.

 

4.     KOOR PAROKI SANTA MONIKA.Membuka penerimaan anggota baru khususnya utk anggota tenor dan bass.
Bagi yang berminat dpt menghubungi Nana 081310080913 atau Ririn 08179101226

 

5.     UNDANGAN. Berkenaan dengan gerakan rohani Tahun suci luar biasa Kerahiman Allah.  Akan diadakan rekoleksi bagi pemerhati pendidikan dan para guru-guru baik yang berkarya di sekolah katolik maupun di sekolah non katolik. Rekoleksi akan diadakan  pada  pada hari  Sabtu, 7 Mei 2016 pukul 16.00  wib, ditutup dengan Misa.Tempat Aula gereja St. Ambrosius, Villa Melati Mas, Pembawa rekoleksi : Pastor Robert Rimin, SJTema. Kerahiman Allah dalam pengabdian guru. Pengumuman ini sekaligus sebagai undangan.

 

6.     JADWAL PENGAKUAN DOSA UNTUK CALON PESERTA KOMUNI PERTAMA TAHUN 2016

 

TGL

WAKTU

SEKOLAH

23 Mei

Pagi [08.00 ]

Sore [16.00 ]

Strada + Stella Maris

Kelompok Paroki Monika

24 Mei

Pagi [08.00 ]

Sore [16.00 ]

St. Ursula

Stasi St. Ambrosius

25 Mei

Pagi [08.00 ]

Sore [16.00 ]

St. Antonius + St. John

Binus + Nanyang

 

Diharapkan anak-anak hadir tepat waktu karena akan ada Ibadat Tobat sebelum pengakuan dosa.

 

7.     BAPTISAN PASKAH MARET 2017. Telah dibuka pendaftaran untuk Katekumen Baptisan Paskah 2017, dengan jadwal sbb:

TANGGAL

JAM

KETERANGAN

Minggu, 01 Mei

10.15

Di rumah Bimbel Probitas

Sabtu, 30 April

16.30

Aula Gereja St. Ambrosius

 

Formulir pendaftaran dapat diambil di sekretariat paroki pada jam kerja.Catatan : Harap melampirkan foto copy KTP, dan akta Nikah [ bila sudah berkeluarga ] [2]. Surat Pernyataan dari orang tua, yang memberikan ijin belajar agama katolik untuk anak-anak/remaja yang berusia dibawah 21 thn, beserta foto copy KTP kedua orang tuanya.

 

8.     KATEKISMUS:UNSUR-UNSUR PELENGKAP GEDUNG GEREJA. Untuk perayaan-perayaan liturgis beraneka,maka di dalam gedung gereja dilengkapi beberapa prabot atau perlengkapan liturgis. Misalnya, [1]. Untuk perayaan Sakramen Ekaristi diperlukan altar,ambo,kursi imam,salib,tempat lilin,dsb. Unsur-unsur ini ditata di panti imam, sedangkan kursi umat dengan tempat berlututnya [kalau ada] ditata di ruang umat. [2]. Untuk Sakramen Baptis diperlukan tempat/ruang baptis [baptisterium], atau sekedar bejana baptis. Entah dibangun di dekat pintu masuk atau di dekat panti imam. [3]. Berkaitan dengan Sakramen baptis ini, biasanya di dekat pintu-pintu masuk gereja terdapat pula beberapa tempat air suci. Umat yang memasuki gereja mencelupkan dulu jemarinya ke air itu dan  membuat tanda salib, sebagai peringatan akan pembaptisannya. [4].Untuk Sakramen Tobat biasanya disediakan pula tempat atau ruang khusus,suatu tempat pengakuan pribadi untuk peniten [orang yang mengaku dosa] dan imam.[5]. Untuk Sakramen Perkawinan dibutuhkan kursi untuk para pengantin [6]. Biasanya keberadaan sebuah lonceng juga nenambah identitas kekristenan. Entah lonceng kecil yang dipasang di dalam gedung gereja atau lonceng besar yang tergantung di menara gereja. Lonceng besar pada menara yang konon baru dimulai sejak awal abad ke-12 itu dibunyikan untuk mengundang orang berdoa, khususnya biarawan-biarawati yang mendoakan Ibadat Harian. Juga, untuk mengingatkan umat akan hari-hari pesta yang perlu disambut dengan sukacita, atau bahkan untuk mengundang umat agar berdoa bagi arwah-jenasah yang sedang dibaringkan dan hendak diberkati di gereja itu atau akan diadakan Liturgi pemakaman.    Pengarang buku Pastor C.H. Suryanugraha,OSC.  [ Judul  buku : Rupa dan Citra Aneka Simbol dalam Misa. halaman 15,16,17 ].