Home
 
100_4981
100_5012
100_5019
mozaikgereja
pantiimam2017

Jumat, 7 Maret  2014

Yesaya 58:1-9a

Mazmur 51:3-4,5-6a, 18-19

Matius 9:14-15

 

"Kasihanilah aku, ya Allah, menurut kasih setia-Mu.."

(Mazmur 51:3a)

 

MEMASUKImasa pra-paskah, kembali Gereja mengingatkan kita untuk berpantang dan berpuasa. Bagaimanakah pantang dan puasamu selama ini? Setiap tahun kita kembali ke masa ini, untuk kita mempersiapkan hati, jiwa dan tubuh kita mengalami kebangkitan bersama Kristus.

 

Firman Tuhan mengingatkan kita lagi kalau puasa yang kita jalankan bukanlah sekedar perintah atau kewajiban semata yang kita ikuti. Melainkan Yesus rindu puasa yang kita jalankan didasari oleh semangat untuk semakin dekat dengan Tuhan.

 

Dengan berpuasa, bisa membuat tubuh kita menjadi lebih sehat, kita tidak makan sembarangan. Jiwa kita pun dilatih untuk mampu menahan segala keinginan yang berlebihan, dan juga hati kita semakin fokus dan dekat kepada Tuhan dan tidak mengandalkan kekuatan kita sendiri.

 

Namun seringkali puasa menjadi alasan bagi kita untuk tidak menjalankan tugas-tugas kita, lupa untuk berbuat kasih, lupa untuk menolong karna fokus kita pada puasa, perut kita yang lapar, dan hal lain sebagainya. Tuhan Allah mau sewaktu kita berpuasa, kita pun ada bagi orang-orang diluar sana yang membutuhkan kasih dari Tuhan yang dapat diberikan melalui pribadi kita.[gt]

 

Apa yang menjadi semangat dasar dalam pantang dan puasaku?

 

DOA(†)

Bapa, kuatkan hatiku untuk bisa melakukan yang terbaik bagi-Mu. Amin.(†)