Home
 
100_4981
100_5012
100_5019
mozaikgereja
pantiimam2017

Selasa, 21 Januari 2014

Peringatan Wajib St. Agnes                                      1 Samuel 16:1-13;

Mazmur 89:20,21-22,27-28;

      Markus 2:23-28

 

 

YESUS = TUHAN ATAS SEMUA ATURAN

 

 

jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat."

(Markus2:28)

 

                Hari Sabat adalah hari yang dianggap suci oleh kaum Farisi dan ahli Taurat.  Pada hari Sabat, tidak boleh diadakan kegiatan.  Pada suatu hari Sabat, murid-murid Yesus sedang memetik bulir gandum.  Orang-orang Farisi mempertanyakan kepada Yesus mengapa murid-murid-Nya berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat.  Namun Yesus menjawab mereka kalau hari Sabat itu diadakan untuk manusia, dan bukan manusia untuk hari Sabat.  Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.

Pernyataan Yesus itu memang benar.  Semua aturan dibuat, agar manusia hidup tertib dan teratur.  Tetapi, hal itu tidak berarti manusia dapat dikalahkan oleh aturan yang dibuat oleh manusia sendiri.  Karena hukum yang Yesus ajarkan adalah cinta kasih.  Bila semua aturan dijalankan tanpa dasar cinta kasih, maka  aturan itu bisa mengalahkan kepentingan manusia. (Nat).

               

Doa (†) :

Ya Allah, kami percaya segala aturan memang dibuat, agar hidup kami lebih baik.  Namun, ingatkan kami selalu bahwa manusia jauh lebih penting dan berharga daripada aturan itu sendiri.Amin.