Panduan Lingkungan
 
100_4981
100_5012
100_5019
mozaikgereja
pantiimam2017

Jika ada umat yang akan menikah, atau menikahkan anaknya maka ketua lingkungan perlu memberikan surat pengantar ke Paroki, untuk itu ketua lingkungan perlu mengetahui dengan jelas latar belakang umat yang akan menikah tersebut, adalah benar seorang katholik yang sudah dibaptis. Dibawah ini disampaikan informasi tentang persyaratan pemberkatan pernikahan agar pengurus memiliki gambaran tentang apa saja yang diperlukan: (syarat-syarat tersebut dikutip dari Persyaratan Pemberkatan Pernikahan yang dikeluarkan oleh Sekretariat Paroki St Monika Serpong)

  1. Menghadap untuk mendaftar dan kanonik selambat-lambatnya tiga bulan sebelum pemberkatan pernikahan.

  2. Surat Pengantar dari ketua lingkungan tempat tinggal masing-masing calon mempelai.

  3. Surat baptis yang sudah diperbaharui, yang masa berlakunya : maksimal 6 bulan sampai dengan hari pemberkatan ( surat baptis ini hanya bisa diperbaharui di paroki yang membaptis. Caranya : bawa/kirim foto copy surat baptis lama ke secretariat paroki yang mempermandikan, lalu tunjukan dan mintalah surat baptis yg diperbaharui).

  4. Pas foto sebanyak 2 lembar, ukuran 4 x 6 (berdampingan, pria disebelah kanan).
    e.Fotocopy sertifikat kursus persiapan perkawinan (kursus bisa ikut diparoki mana saja. Kalau mau ikut yg diselenggarakan oleh paroki st Monika silakan menghubungi sekretariat pada jam kerja).

  5. Fotocopy KTP masing-masing 1 lembar

  6. Bagi yang calonnya belum/bukan beragama katolik, saat menghadap Pastor perlu disertai dua orang saksi (bukan keluarganya).

  7. Bagi calon yang beragama Kristen harap membawa fotocopy surat baptis/sidi.

  8. Surat-surat bukti dari pihak yang sudah menikah: surat perceraian, bila terjadi perceraian bagi calon mempelai yg beragama katolik. Akte kematian, bila terjadi kematian.

  9. Mengisi formulir dihadapan pastor paroki yaitu: penyelidikan perkawinan atau kanonik.

  10. Mempersiapkan sumbangan untuk : stipendium untuk gereja dan pastor.

  11. Pengambilan foto dan syuting Video, harap : tidak menaiki panti Imam.