Emmaus Journey
 
100_4981
100_5012
100_5019
mozaikgereja
pantiimam2017
  1. Sekilas mengenai Emmaus Journey
    Kelompok Spiritualitas Kitab Suci Emmaus Journey (“Emmaus Journey”) adalah kegiatan yang diprakarsai oleh Pastor Yan Sunyata OSC, saat beliau bertugas di paroki St. Monika Serpong. Kegiatan ini pada mulanya diberikan untuk pengembangan kemampuan anggota Seksi Kerasulan Kitab Suci (dahulu Seksi Pewartaan Iman), kemudian dikembangkan menjadi kegiatan umat—dalam program kerja Seksi Kerasulan Kitab Suci untuk menggiatkan pembacaan dan penghayatan Kitab Suci oleh umat.
    Emmaus Journey, seperti tercermin dalam namanya, adalah suatu gerakan yang disemangati oleh kisah perjalanan dua orang murid ke Emmaus dalam Lukas 24:13-34, di mana Yesus menemani perjalanan mereka sambil “menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci”. Seperti itulah para peserta Emmaus Journey diharapkan berjalan bersama-sama teman sekelompoknya, lalu dengan bantuan Roh Kudus makin memahami kehadiran Kristus dalam hidup keseharian mereka melalui pembacaan Kitab Suci, dan oleh karenanya, mempunyai hati yang berkobar-kobar akan Yesus.
    Kegiatan ini diadakan satu minggu sekali dalam kelompok-kelompok berjumlah maksimal 10 orang peserta dengan dipandu oleh 2-3 orang fasilitator, diadakan di lingkungan-lingkungan agar mudah dicapai oleh peserta dan dapat mengakrabkan umat dalam wilayah yang sama.
    Materi yang digunakan adalah seri buku Emmaus Journey yang mempunyai tujuan: “Untuk membawa umat Katolik yang terlibat kepada antusiasme akan iman, dan dalam menghidupkan imannya akan Yesus, dapat dengan bebas mensharingkannya satu sama lain.” Sejak mulai diselenggarakan pada tahun 2001, kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari umat, di mana jumlah peserta dan fasilitator berkembang dari tahun ke tahun. Kegiatan ini juga telah mulai berkembang di beberapa paroki lain seperti Paroki Tomang Maria Bunda Karmel dan Paroki Meruya Maria Kusuma Karmel. Di beberapa tempat juga telah ada kelompok-kelompok Emmaus Journey, seperti di Ciledug, Karawaci, Tangerang, bahkan sampai ke luar Keuskupan Agung Jakarta, seperti Yogyakarta.
     

  2. Kegiatan rutin
    Kegiatan rutin yang sudah berjalan adalah sebagai berikut:
     

    1. Pendalaman spiritualitas Emmaus Journey Dasar

      1. Misa Pembukaan (pertengahan Juli)

      2. Pertemuan dalam kelompok angkatan berjalan 1 minggu sekali dalam 3 tahap sesuai buku panduan (Juli-Maret/April):
        Buku I : Perjalanan Menuju Hidup Mendasar
        Buku II : Perjalanan Menuju Hidup Berbuah
        Buku III : Perjalanan Menuju Hidup Terfokus
         

      3. Gathering penutupan buku satu tiap angkatan (Oktober)

      4. Pelayanan kasih melalui kegiatan sosial setelah penutupan buku 2 (Januari)

      5. Retret penutupan setelah seluruh rangkaian 3 buku selesai (Maret-April)

      6. Kegiatan pendukung: pembekalan fasilitator

    2. Pertemuan lanjutan dengan menggunakan materi Seven Last Words from The Cross, dilakukan setelah retret penutupan

    3. Pertemuan mingguan melalui refleksi bacaan Misa hari Minggu yang dilaksanakan setelah materi Seven Last Words from The Cross

    4. Gathering alumni

  3. Mekanisme menjadi anggota
    Mengisi formulir pendaftaran
    Menyerahkan foto kopi Surat Baptis
    Membayar biaya pengganti buku: Rp. 30.000/buku
     

  4. Kelompok usia peserta
    Peserta Emmaus Journey berada dalam rentang usia 13 tahun (remaja) sampai lansia yang terbagi dalam kelompok remaja, kelompok umum dan kelompok lansia.