Musik Liturgi
 
100_4981
100_5012
100_5019
mozaikgereja
pantiimam2017

1. ARAH PADUAN SUARA PAROKI SANTA MONIKA.

Tujuan paduan suara di paroki santa monika

Mendukung terciptanya suasana liturgis yang hikmat, agung, indah, dan megah dalam misa-misa di paroki santa Monika.

Dalam upaya untuk mencapai tujuan paduan suara di paroki santa Monika yang telah di sebutkan di atas maka setiap kelompok paduan suara dan musik liturgy di paroki santa Monika di harapkan dapat:
Terbuka dan menjunjung tinggi kreatifitas
Berkualitas
Berprestasi
Bertanggung jawab

Paduan Suara Lingkunan.
Paduan Suara di paroki santa monika terdiri dari 3 kelompok besar yaitu:
Kelompok lingkungan
Kelompok wilayah
Kelompok umum
Setiap Lingkungan di paroki santa Monika diwajikan mempunyai paduan suara lingkungan sendiri untuk mendukung tugas misa di paroki dan misa di lingkungan masing – masing.
Lingkungan yang belum mempunyai paduan suar sendiri berhak mendapatkan dukungan teknis dari sub seksi musik liturgi, yang berkaitan dengan pembentukan koor baru tersebut yang meliputi:
Bantuan pelatihan dirigen dan pelatih
Bantuan rencana pemilihan lagu.
Bantuan pengorganisasian organis
Sementara itu ketua lingkungan bertanggung jawab memobilisir warga lingkungan dan menyusun jadual latihan rutin di lingkungan masing – masing
Bantuan teknis di atas bersifat sementara, lingkungan diharapkan dapat secara mandiri mengatasi masalah teknis dengan pelatihan yang di berikan.

Paduan Suara Umum.
Keanggotaan paduan suara umum di paroki santa Monika di harapkan bersifat terbuka dan tidak bersifat ekslusif.
Bersedia saling bekerjasama dengan kelompok koor lingkungan, wilayah atau kelompok koor umum lainnya dalam tugas-tugas misa besar dan mis rutin di paroki santa Monika
Menjadi jangkar dan agen pendorong kemajuan koor lingkungan dengan mewajibkan anggotanya berpartisipasi aktif di koor lingkungan sebagai penyanyi, pemazmur, pelatih, dan dirigen di lingkungan masing-masing
Memberikan pelatihan – pelatihan kepada koor lingkungan dan bersedia membantu masalah teknis koor lingkungan.
Bersedia bertugas di paroki santa monika baik secara rutin atau dalam tugas besar.

Pemilihan lagu,
Pemilihan lagu sedapat mungkin menggunakan lagu-lagu yang terdapat di dalam buku Puji Syukur, dengan pertimbangan agar semua umat dapat mengikuti dan bernyanyi bersama.
Pemilihan lagu di luar lagu puji syukur di perkenankan hanya pada saat persembahan dan/atau lagu komuni. Dan sangat di anjurkan agar umat diberikan fotokopian lagu sehingga umat dapat terlibat aktif dalam iktu menyanyikan lagu tersebut.
Buku lagu di luar puji syukur yang dianjurkan adalah buku-buku nyanyian terbitan PML Yogyakarta ( pusat musik liturgi ) dan buku – buku terbitan Komlit KAJ.
Sangat tidak dianjurkan untuk menyanyikan lagu-lagu pop rohani yang biasa dinyanyikan tanpa menggunakan not, karena akan menurunkan kualitas paduan suara.
Tidak diperbolehkan menyanyikan lagu pop biasa atau lagu pop yang di adaptasi ( di ubah teksnya ) menjadi teks lagu rohani pada misa di paroki santa Monika. Contoh lagu the prayer – Josh Groban, lagu di doa ibumku, lagu sinetron.
Apabila memilih lagu di luar puji syukur, dan lagu tersebut sudah sesuai dengan butir-butir ketentuan di atas, maka lagu tersebut harus memenuhi ketentuan di bawah ini:
Pantas dan mendukung suasana berdoa yang hikmat, agung,indah, dan megah.
Sengaja diciptakan untuk keperluan pelaksanaan misa di gereja Katholik.
Apabila tidak yakin akan lagu yang dipilih maka dapat menghubungi sie musik liturgi untuk mendapatkan pertimbangan.

Pemilihan Alat dan Irama Musik
Pada misa selain misa tematis alat musik yang di anjurkan adalah Organ, Piano, atau Keyboard gereja.
Pada misa tematis seperti misa keroncong, kolintang, melayu, betawi, akustik misa orang muda, maka alat musik lain dapat digunakan sesuai dengan tema misa yang ditentukan.
Pemakaian alat khusus seperti gitar listrik dengan overdrive, drum – set, gendering, hanya di perbolehkan pada misa tertentu setelah mendapat persetujuan dari pastor yang memimpin misa.
Apabila koor lingkungan akan mengadakan misa tematis tertentu diluar yang telah dijadualkan oleh sie musik liturgi, maka lingkungan tersebut diwajibkan menghubungi pastor yang akan bertugas atau pastor kepala untuk mendapatkan persetujuan.
Iringan classic dengan menggunakan assamble, chamber music dan orchestra diperbolehkan.


2. PELAKSANAAN TUGAS KOOR

Jadual Tugas Koor
Jadual tugas koor di ternitkan setahun sekali dan mencakup semua lingkungan di paroki santa Monika.
Ketua lingkungan wajib memeriksa jadual tersebut dan mempersiapkan lingkungannya agar siap bertugas pada jadual yang telah ditentukan.
Subsie usik liturgi tidak menerima keberatan lingkungan dalam bertugas, terutama yang disebabkan kurangnya personel, umat yang sudah tua – tua, umat susah digerakkan dan lain-lain. Tetapi subsie musik liturgi akan membantu kesulitan teknis mengenai:
Pelatihan pelatih dan dirigen koor lingkungan
Pengorganisaian organis
Pelatihan pemazmur
Dalam setiap putaran, 99% dari semua lingkungan akan bertugas secara merata disemua misa yang diadakan di paroki santa Monika, yaitu misa sabtu pukul 17:00, 19:30, dan minggu 06:00, 08:30, 17:00, 19:30
Subsie musik liturgi tidak mengkoordinir perubahan jadual koor, karena koor lingkungan diperbolehkan dan diberi kebebasan penuh untuk bertukar jadual dengan lingkungan lain.
Lingkungan yang bertukar jadual wajib memberitahu perubahan tersebut ke seksi musik liturgi untuk keperluan pemutakhiran data pada lembaran warta

Persiapan Tugas Koor Mingguan
Ketua lingkungan atau coordinator koor lingkungan bertanggung jawab untuk mempersiapkan warga lingkungan dalam bertugas koor, termasuk di dalamnya:
menentukan jadual latihan ( hari, tamggal, jam dan dimana )
menentukan lagu yang akan duginakan unuk berlatih
memperbanyak lagu untuk keperluan latihan
Sangat dianjurkan agar koor lingkungan berlatih minimal 4 kali sebelum tugas dilaksanakn. Hal ini untuk melatih kepercayaan diri para penyanyi dan menyempurnakan latihan
Agar tidak jadi kebosanan maka disarankan tempat berlatih koor agar digilir ( tidak satu rumah tertentu saja ), hal ini juga agar warga saling mengenal satu dengan yang lain dengan baik
Agar latihan koor menjadi efektif, maka disarankan agar latihan – latihan awal tidak diiringi alat musik sehingga pelatih dapat berkonsentrasi pada kekompakan penyanyi. Latihan dengan diiringi musik sebaiknya dilakukan pada 1-2 kali latihan terakhir saja.
Tidak semua lagu harus dinyanyikan dalam 4 suara, tetapi di sarankan agar ada salah satu lagu komuni yang dinyanyikan dalam 4 suara. Hal ini juga untuk menjaga semangat berlatih dan menghindari kebosanan karena selalu bernyanyi 1 suara.
Apabila anggota lingkungan tidak mencukupi, maka sangat dianjurkan untuk melibatkan anak-anak dan remaja dalam paduan suara lingkungan sehingga akan terjadi kaderisasi dan memupuk semangat kaum muda untuk terlibat aktif dalam kegiatan lingkungan.
Dalam setiap latihan koor selalu di buka dan ditutup dengan doa.
Tidak disarankan berlatih dengan duduk bersila, atau duduk santai bersandar di kursi, posisi berlatih yang disarankan adalah duduk tegak tidak bersandar atau berdiri.
Diusahakan agar latihan koor berlangsung dalam suasana akrab bersahabat dan tidak tegang.

Pakaian untuk bertugas
Petugas koor harus berpakaina rapi yang pantas dan bersepatu. Bagi para petugas wanita dianjurkan memakai rok panjang ( bukan rok mini ) dan bersepatu. Petugas pria disarankan untuk memakai pakaian berkerah dan bercelana panjang.

3. KOOR SUMBANGAN DARI LUAR PAROKI
Kebijakan pengisian koor dari luar paroki santa Monika
Agar terjadi keselarasan dan konsistensi arah musik liturgi di paroki santa monika, maka koor yang bertugas dari luar paroki santa monika juga di wajibkan untuk tunduk terhadap kebijakan internal subsie musik paroki santa Monika.
Koor dari paroki lain dalam rangka mencari sumbangan akan mendapatkan prioritas pertama sejauh semua syarat-syarat berikut ini dapat di penuhi:
Bersedia mematuhi kebijakan subsie musik liturgi santa Monika mengenai pemilihan lagu, pemilihan alat musik dan irama ( lihat point 1.4 dan 1.5 )
Memberitahu jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan tugas atau minimal 6 miggu sebelum hari tugas. Hal ini untuk menghindari pembatalan tugas koor lingkungan yang sudah mempersiapkan diri berlatih sebelum bertugas.
Untuk kepentingan pelayanan yang lebih besar, maka koor lingkungan wajib memberikan jadual tugas mereka kepada koor yang telah memenuhi syarat diatas ( memberitahu 6 minggu di muka sebelum jadual tugas ).
Pada keadaan mendesak dimana pemberitahuan kurang dari 6 minggu sebelum hari tugas, maka koor lingkungan diberi hak untuk menetukan apakah akan tetap bertugas atau menyerahkan tugas tersebut ke paroki lain.

Prosedur permohonan bertugas di paroki santa Monika
Paroki pemohon mengajukan permohonan tertulis ke pastor kepala Santa Monika, dengan mencantumkan tujuan dan garis besar rencana kegiatan.
Pastikan proposal kegiatan tersebut diajukan pa;ing lambat 2 bulan sebelum hari tugas.
Apabila permohonan telah disetujui oleh pastor paroki, pemohon diharapkan menghubungi subsie musik liturgi untuk keperluan pengaturan dan pembatalan jadual koor lingkungan. ( diperkirakan ini terjadi 6 minggu sebelum hari tugas ).

 

4. KEGIATAN-KEGIATAN
- Paduan Suara Anak Paroki Santa Monika di acara Cantate Domino XVI 29 April 2012 di gereja Katedral