ME
 
100_4981
100_5012
100_5019
mozaikgereja
pantiimam2017

ME

 

Marriage Encounter (ME), bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pasangan suami-istri untuk mengevaluasi hidup mereka bersama, suatu waktu untuk membagi perasaan-perasaan, harapan, kekecewaan, sukacita, dan frustasi-frustasi mereka. Juga memberi kesempatan untuk menjalankan semuanya itu secara terbuka dan jujur dengan satu-satunya orang yang mereka pilih sebagai pasangan seumur hidup.

Tekanan ME terletak pada komunikasi antara suami-istri, yang mau melewatkan satu akhir minggu bersama, jauh dari kesibukan serta ketegangan hidup sehari-hari dan mau memusatkan perhatian hanya kepada diri mereka berdua. Sehubungan dengan tujuan tersebut ME menyelenggarakan Week End (WE) Marriage Encounter.

Week End (WE) Marriage Encounter (ME)bukan retret atau lokakarya perkawinan atau kerja kelompok.  ME adalah suatu pendekatan yang unik yang terarah guna menghidupkan kembali semangat perkawinan Kristiani yang berlandaskan Kasih.

WEadalah suatu kesempatan untuk setiap pasangan suami isteri,  untuk menemukan kembali diri mereka, dan bersama-sama dengan pasangan lainnya memfokuskan relasi antar suami isteri selama satu akhir minggu penuh.

 

Siapa saja yang dapat mengikuti ME

ME  diperuntukan bagi pasangan suami-istri, siapapun mereka, yang ingin memperkaya kualitas perkawinan mereka.

WEdisusun untuk melebarkan dan mendalamkan sukacita yang dapat dinikmati pasangan secara bersama-sama, baik untuk mereka yang telah lama menikah maupun untuk mereka yang baru beberapa tahun saja menikah.

 

Apa yang terjadi saat mengikuti WE ME

Suasana yang diciptakan dalam WE membawa pasangan suami-istri untuk memfokuskan perhatian mereka secara eksklusif pada satu-sama-lain. Suatu seri presentasi disampaikan oleh tim yang terdiri dari pasangan suami-istri dan seorang pastor. Setiap presentasi memberi kepada diri suami dan diri istri suatu kesempatan untuk mengamati diri mereka sendiri baik sebagai individu maupun sebagai relasi satu-sama-lain serta relasi dengan Allah dan juga dengan orang lain.

 

MEbertitik tolak dari cinta anda terhadap pasangan anda dan secara bersama-sama membantu untuk membangun cinta itu, meluaskan, serta meperdalam relasi tersebut.

WEmenunjukkan kepada anda suatu cara bagaimana melaksanakan ini dan juga membekali anda dengan sarana; sementara yang lainnya bergantung pada diri anda berdua!

Bakat yang harus dimiliki untuk dapat menjalankan ME adalah bakat untuk mencintai dan dambaan untuk menciptakan kualitas perkawinan yang lebih baik lagi.

 

Apakah WE menghormati privacy (keleluasaan pribadi) Suami isteri? Ya!

MEmenekankan komunikasi antara suami-istri melalui pengalaman WE yang bebas dari segala gangguan dan ketegangan hidup sehari-hari.

Anda hanya perlu berkonsentrasi kepada pasangan anda dengan intensitas sedemikian rupa sehingga anda hampir tidak sadar akan kehadiran pasangan-pasangan lain yang ikut WE itu.

Presentasi diberikan kepada kelompok seutuhnya. Setelah selesainya setiap presentasi, suami dan istri diberi waktu sharing pribadi dengan memakai teknik-teknik komunikasi yang mereka sedang pelajari selama WE.

Tidak ada kerja /diskusi kelompok!

 

Bagaimana ME memperkaya perkawinan?

Perbedaan mendasar antara perkawinan yang berkualitas baik, dengan yang sedang-sedang, dan bahkan kurang baik adalah terletak pada derajat komunikasi antara suami-istri.

Pada semua perkawinan terdapat suatu waktu ketika menganggap bahwa diri kita dan relasi kita seolah pasti/harus ada/selalu ada.

WE memberi kesempatan kepada kita sebagai pasangan suami-istri untuk secara segar melihat perkawinan kita masing-masing dan juga menye’imbang’kan prioritas-prioritas dalam mengisi kehidupan perkawinan kita.

Kita belajar suatu teknik komunikasi yang memungkinkan dan mendorong kita untuk menjelajahi kawasan-kawasan yang penting dalam hidup kita bersama, dalam semangat cinta dan pengertian.

Pengalaman WE memberi kepada setiap pasangan suami-istri penglihatan, sarana, dan kepercayaan untuk memperkaya kualitas perkawinan mereka dan memperkuat ikatan cinta mereka satu-sama-lain.

Bagi banyak pasangan, WE merupakan salah satu pengalaman yang paling berarti dalam hidup mereka, khususnya dalam hidup perkawinan mereka.

 

Bagi Pasutri yang berkeinginan mengikuti WE ME dapat menanyakan kepada

Koordinator ME paroki Santa Monika atau aktifis ME di Santa  Monika.

There are no articles in this category. If subcategories display on this page, they may contain articles.